05 Juli, 2009

Cerita kakek bijak

Disebuah dusun hiduplah seorang kakek bersama cucu laki-lakinya, mereka berdua hidup sangat bahagia, apalagi mereka ditemani seekor kuda yang sangat setia menemani mereka kemanapun mereka pergi. Pada suatu hari kuda kesayangan mereka hilang ketengah hutan tanpa sebab yang jelas. Mereka sangat sedih, terutama cucunya. Para tetangga yang mendengar berita itu langsung berbondong-bondong menyampaikan rasa prihatin, tetapi kakek itu malah menjawab “Darimana kau tahu bahwa itu adalah berita buruk?”.

Suatu pagi, kuda yang hilang itu pulang kerumah dengan membawa kuda liar yang banyak sekali dari hutan, merekapun sangat gembira karena kudanya tambah banyak. Mendengar berita itu tetangganya berduyun-duyun kerumah kakek itu dan menyampaikan rasa ikut gembira mendengar kejadian ini. Tetapi kakek itu menjawab dengan kata-kata yang membuat semua orang heran “Darimana kau tahu bahwa itu adalah berita baik?”

Suatu hari ditengah hutan terdengar kabar bahwa cucu kakek itu jatuh dari menunggang kuda, karena kuda yang ditungganginya masih liar. Kakinya patah dan tidak bias berjalan, mendengar hal itu, para tetangganya ramai-ramai mendatangi rumah kakek itu untuk menyampaikan rasa turut berduka atas kejadian yang menimpa cucunya. Tapi lagi-lagi kakek menjawab “Darimana kau tahu bahwa itu adalah berita buruk”.

Dua tahun setelah kejadian itu terjadi perang di Negara tersebut, dan semua anak laki-laki yang ada didusun itupun diwajibkan ikut berperang. Semua orang merasa sangat sedih karena ditinggal anak-anaknya pergi untuk berperang. Sementara kakek dan cucunya hidup bahagia didusun itu. “Darimana kau tahu bahwa itu adalah….”

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Supercar Pictures. Powered by Blogger